happy-new-year-2019-vector, wallpaper selamat tahun baru 2019

VPN vs. Proxy Server

VPN vs. Proxy Server | Virtual Private Network (VPN) dan Proxy Server memiliki tujuan penggunaan yang sama namun dengan fungsi yang berbeda satu sama lain. Baik VPN maupun proxy server mempunyai kecepatan, kestabilan dan keamanan yang ditentukan berdasarkan harga (gratis dan berbayar). Meskipun banyak anggapan keduanya sama, namun dari segi cara kerja sudah jelas koneksi proxy server dan VPN berbeda.

Meskipun memiliki perbedaan fungsi dan cara kerja, VPN dan proxy server memiliki manfaat yang sama yaitu menyembunyikan identitas alamat IP asli dari komputer maupun perangkat lain yang digunakan.

Virtual Private Network (VPN):

Virtual Private Network


Virtual Private Network akan membangun koneksi terenkripsi antara komputer dengan server host VPN, dimana setiap traffic internet melewati server host VPN. Dengan enkripsi minimal 128-bit, VPN dapat mengamankan data yang di kirim maupun diterima komputer yang anda gunakan. Selain IP Address berubah, menggunakan server VPN seakan-akan sedang memakai ISP lain.

Semua traffic akan melewati server VPN sehingga aktivitas komputer, alamat situs web yang anda kunjungi, dan lainnya, benar-benar tidak terlihat oleh pihak manapun. VPN juga mendukung High Levels Encryption dari 128-bit sampai 2048-bit.

Melalui jaringan Virtual Private Network, anda dapat mengirim dan menerima file dari komputer satu ke komputer lain yang juga terhubung ke server VPN. Dimana kecepatan, keamanan dan kestabilan yang berbading lurus dengan harga layanan yang harus anda bayar.

Tidak hanya server luar negeri saja, provider VPN Indonesia sudah banyak bermunculan sehingga memudahkan anda dalam menggunakan koneksi aman melalui VPN.

Untuk dapat menggunakan server VPN, dibutuhkan sedikit keterampilan dalam mendownload VPN Client, melakukan setting dan konfigurasi antara perangkat komputer dengan server host VPN.

Proxy Server:


Proxy


Proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara komputer yang anda gunakan dengan internet. Tidak seperti VPN, proxy server tidak selalu melakukan enkripsi data yang dikirim maupun diterima komputer melalui jaringan internet.

Saat anda menggunakan proxy server, IP address yang terlihat adalah IP proxy yang dimiliki komputer perantara tersebut, bukan IP komputer yang sedang anda pakai. Banyak software proxy yang memberikan kemudahan untuk memakai IP proxy dari komputer lain, salah satunya adalah Ultrasurf

Ada 2 jenis protokol yang umum digunakan oleh proxy server:


  • HTTP Proxy Server: protokol HTTP digunakan untuk mengakses traffic tingkat HTTP seperti http:// atau https:// yang artinya hanya dapat untuk membuka halaman web. Untuk sekedar browsing di internet, HTTP proxy lebih cepat bila dibandingkan Sock proxy server.
  • SOCKS Proxy Server: sock proxy memiliki kemampuan lebih komplit dibandingkan HTTP proxy, selain dapat digunakan untuk mengakses halaman situs web, Sock proxy server dapat membuka POP3 dan SMPT untuk email, IRC chat, FTP untuk upload file ke situs web serta torrent file.

Kesimpulan:

VPN lebih unggul di segala bidang mulai dari sisi keamanan, kecepatan akses serta kestabilan koneksi server. Virtual Private Network mampu melindungi sepenuhnya (secure) semua aktivitas online yang anda kerjakan bahkan tidak terlihat oleh pihak ISP (Internet Services Provider).

Sumber

Subscribe to receive free email updates: